SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA PRINGGASELA TIMUR KEC. PRINGGASELA KAB.LOMBOK TIMUR NTB

Artikel

IBU-IBU dan MEDIA TANAM

18 Oktober 2022 05:02:05  HIZBUL FAJRI  905 Kali Dibaca  Berita Desa

Bertempat di Aula kantor camat Pringgasela diselenggarakan pertemuan rutin PKK tingkat Kecamatan Pringgasela. Pada kesempatan tersebut Tim Penggerak PKK Desa Pringgasela Timur yang dalam hal ini POKJA IV yaitu Dasa Wisma Mawar Merah memaparkan cara pembuatan media tanam atau kompos. Dalam kesempatan tersebut dipaparkan manfaat dari kompos atau media tanam. seperti yang diketahui Kelebihan media tanam kompos adalah sifatnya mampu mengembalikan kesuburan tanah melalui perbaikan sifat-sifat tanah, baik fisik, kimiawi, maupun biologis. Selain itu, kompos juga menjadi fasilitator dalam penyerapan unsur nitrogen (N) yang sangat dibutuhkan tanaman.

Selain itu juga dipaparkan bahan-bahan yang dipergunakan dalam pembuatan media tanam atau kompos tesebut yaitu :

  1. Kotoran sapi (pupuk Kandang) seperti yang diketahui pupuk kandang mempunyai banyak kandungan seperti Mengandung unsur hara lengkap seperti natrium (N), fospor (P), dan kalium (K),Unsur-unsur tersebut penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Selain itu, pupuk kandang mengandung mikroorganisme yang mampu merombak bahan organik dan sulit dicerna tanaman menjadi komponen yang lebih mudah diserap tanaman.
  2. Sekam Padi, memiliki kandungan karbon yang tinggi sehingga membuat media tanam menjadi gembur.
  3. Tanah Humus, Humus sangat membantu dalam proses penggemburan tanah dan memiliki kemampuan daya tukar ion yang tinggi sehingga bisa menyimpan unsur hara.
  4. Serbuk kayu, serbuk kayu bisa lebih memaksimalkan penyerapan air serta unsur hara pada tanaman. Dengan meningkatnya penyerapan air serta unsur hara oleh tanaman, jadi keadaan kesuburan dari tanaman itu juga akan jadi tambah baik. Kesemua bahan-bahan tersebut dicampur menjadi satu maka akan menghasilkan media tanam / kompos yang siap digunakan baik untuk pertanian di sawah maupun berkebun dipekerangan rumah menggunakan polibag (Hidayatulloh).

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Peta Desa

 Statistik

 Arsip Artikel

 Agenda

Belum ada agenda

 Sinergi Program

 Pemerintah Desa

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jln Pendidikan Pringgasela Timur
Desa : Pringgasela Timur
Kecamatan : Pringgasela
Kabupaten : Lombok Timur
Kodepos : 83665
Telepon :
Email : [email protected]

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:4
    Kemarin:576
    Total Pengunjung:108.327
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.70.100.39
    Browser:Mozilla 5.0