SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA PRINGGASELA TIMUR KEC. PRINGGASELA KAB.LOMBOK TIMUR NTB

Artikel

Mau Dilayani ? Siapkan Data Diri Anda

30 November 2021 15:12:57  HIZBUL FAJRI  1.182 Kali Dibaca  Berita Desa

Lombok Timur merupakan  kabupaten yang memiliki  Jumlah  penduduk yang padat, berdasarkan data dukcapil per 06 September tahun 2021, jumlah penduduk lombok timur mencapai  1,331,533 Jiwa. ( https://dukcapil.lomboktimurkab.go.id/statis-145-jumlah-penduduk-di-kabupaen-lotim-dkb-2021-sem1.html), namun masih banyak warga masyarakat yang belum memiliki administrasi kependudukan baik itu Akta Kelahiran, Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan sebagainya, khususnya masyarakat yang tinggal di pedesaan serta masyarakat yang memiliki kendala untuk membuat administrasi kependudukan ( sakit fisik dan mental).  Dengan memiliki administrasi kependudukan warga masyarakat akan mudah mendapatkan pelayanan publik seperti pendidikan, kesehatan dan sebagainya.

Untuk meningkatkan kapasitas  dalam pelayanan administrasi kependudukan di tingkat desa, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Lombok Timur mengadakan sosialisasi terkait Pengelolaan Informasi  Administrasi Kependudukan yang dilaksanakan di Lesehan Sehati Selong Lombok Timur. Acara tersebut diadakan selama 2 hari yaitu 29 dan 30 November 2021 dengan dihadiri oleh 100 orang perwakilan desa yang ada di kabupaten lombok timur (50 Orang Perwakilan/Hari ).

Dalam sambutannya Kepala Dinas Dukcapil Lombok Timur Ir.Sateriadi,MT,MSc mengatakan Untuk mengurus keperluan atau mendapatkan pelayanan publik setiap warga harus memiliki administrasi kependudukan yang valid , tunggal (tidak ganda). untuk menyikapi hal tersebut warga harus melengkapi persyaratan-persyaratan/dokumen yang otentik sehingga tidak akan ada masalah-masalah pada saat pembuatan administrasi kependudukan seperti kesalahan nama, alamat dan sebagainya.

Dinas Dukcapil Lombok Timur mengembangkan beberapa layanan yang memudahkan masyarakat dalam pengurusan Adminstrasi kependudukan seperti Bakso (Bikin Administrasi Kependudukan Secara Online), warga dapat mengurus KTP, KIA, Akta Kelahiran serta Akta Kematian di desa. Kemudian Ada SI Cantik ( Suami Istri Catat Nikah Tuntas Identitas Keluarga), warga masyarakat yang baru menikah langsung memiliki Administrasi Kependudukan Seperti KK dan KTP baru pada saat menikah. serta Ada POCONG SAKTI dan Tuak Manis Bagi masyarakat Marginal dan Dinsabilitas.

Harapannya semua desa di Lombok Timur memiliki data yang akurat menuju Lombok Timur satu data.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Peta Desa

 Statistik

 Arsip Artikel

 Agenda

Belum ada agenda

 Sinergi Program

 Pemerintah Desa

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jln Pendidikan Pringgasela Timur
Desa : Pringgasela Timur
Kecamatan : Pringgasela
Kabupaten : Lombok Timur
Kodepos : 83665
Telepon :
Email : [email protected]

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:112
    Kemarin:576
    Total Pengunjung:108.435
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.70.130.183
    Browser:Mozilla 5.0