SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA PRINGGASELA TIMUR KEC. PRINGGASELA KAB.LOMBOK TIMUR NTB

Artikel

Desa Pringgasela Timur Gelar Aksi Penghijauan di Musim Hujan

28 Juni 2021 08:04:03  HIZBUL FAJRI  1.171 Kali Dibaca  Berita Desa

desapringgaselatimur.web.id - LOMBOK TIMUR, wartarinjani.net – Memanfaatkan musim penghujan, Pemerintah Desa Pringgasela Timur, Lombok Timur menggelar aksi penghijauan disepanjang ruas jalan menuju desa. Penghijauan dilakukan untuk memperkuat struktur tanah terutama disekitar lokasi penambangan pasir.

Kepala Desa Pringgasela Timur M. Sabri.,SE  mengungkapkan, tujuan aksi ini selain untuk mempercantik desa dengan menanam 250 pohon  pucuk merah dan ketapang kecana , juga untuk memeperkuat struktur tanah yang ada di Pringgasela Timur. Bukan rahasia umum lagi wilayah ini digunakan sebagai lokasi penambangan pasir.

“Tentu langkah penghijauan ini kita  ambil  sebagai upaya  pemerintah dan masyarakat mempertimbangkan pengurangan risiko bencana dalam melaksanakan pembangunan   berkelanjutan,” ungkap Kepala Desa Peringgasela Timur, Sabri.

Aksi penghijauan sepanjang 2 km melibatkan ratusan masyarakat dan pemuda yang ada di enam Dusun . Seperti, Dusun Mujahidin, Dusun Orong Bintang, Dusun Kebon Repok, Dusun Tibusala, Dusun Elong-elong. Masyarakat setempat cukuo antusias  dan sangat mengapresiasi niat baik Pemdes untuk membuat desa yang asri,  aman dan nyaman untuk ditempati.

M. Sabri menegaskan, Pringgasela Timur akan menjadi salah satu destinasi wisata.  Potensi yang dimiliki desa ini sudah mulai ditata oleh masyarakat seperti potensi kain tenun,  pertanian dan perkebunan.

“Tentu ini juga  tidak terlepas dari peran pemuda Karang Taruna ataupun pemuda di setiap dusun untuk menata wilayahnya masing masing. Mereka bersinergi dengan pemerintah desa dalam melakukan aksinya untuk kemajuan desa,” ungkapnya.

Ia mengatakan, beberapa masyarakat sudah pernah dilatih tentang bagaimana mengurangi resiko bencana. Apalagi Pemdes Pringgasela Timur sudah memiliki peta resiko bencana yang dibuat langsung oleh masyarakat setempat.

“Support dari Yayasan ADBMI beberapa bulan lalu, tentu akan menjadi power bagi kami untuk penataan  desa kami yang berbeda dari desa lainnya,” bebernya.

Pada aksi penghijauan itu dihadiri pula oleh Babinsa dan Polmas serta seluruh organisasi pemuda dan kemasyarakatan serta tokoh agama setempat. (wr-dy)

sumber : https://wartarinjani.net/8739-2/

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Peta Desa

 Statistik

 Arsip Artikel

 Agenda

Belum ada agenda

 Sinergi Program

 Pemerintah Desa

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jln Pendidikan Pringgasela Timur
Desa : Pringgasela Timur
Kecamatan : Pringgasela
Kabupaten : Lombok Timur
Kodepos : 83665
Telepon :
Email : [email protected]

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:107
    Kemarin:576
    Total Pengunjung:108.430
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.69.6.36
    Browser:Mozilla 5.0